Sandra Dewi Diinterogasi Jaksa Soal Hartanya

Aktris Sandra Dewi duduk di ruang interogasi Kejaksaan Agung Jakarta, Rabu, 15 Mei 2024.

Aktris Sandra Dewi diperiksa di Kejaksaan Agung pada hari Rabu ketika jaksa berupaya menyita aset milik suaminya, Harvey Moeis, yang ditahan atas tuduhan korupsi.

Ini adalah interogasi keduanya sejak penangkapan Harvey pada bulan Maret. Investigasi yang sedang berlangsung melibatkan dugaan skandal korupsi terkait dengan kegiatan penambangan ilegal, yang menurut jaksa penuntut telah menyebabkan kerugian finansial dan kerusakan lingkungan sebesar miliaran dolar bagi negara.

Sejak penangkapan Harvey pada 27 Maret, jaksa secara aktif berupaya menyita asetnya.

Dalam upaya nyata untuk melindungi asetnya sendiri, pengacara Sandra menekankan bahwa pasangan tersebut memiliki perjanjian pranikah yang memisahkan aset mereka. Mereka juga mencatat bahwa Sandra mandiri secara finansial sebagai aktris dan model terkemuka, memperoleh pendapatan besar dari dukungan dan sumber hukum lainnya.

Klaim ini mempersulit upaya jaksa untuk memulihkan aset Harvey, karena mereka harus memastikan bahwa penyitaan tidak berdampak pada aset pribadi Sandra.

“Interogasi ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh aset-asetnya,” kata Juru Bicara Kejaksaan Agung Ketut Sumedana.

Kuasa hukum Sandra, Harris Arthur Hedar mengatakan, dia tidak diperbolehkan mendampingi kliennya selama pemeriksaan.

“Penyidik kemungkinan besar ingin memperjelas aset mana yang sepenuhnya milik Sandra dan mana milik Harvey,” kata pengacara tersebut.

Harvey didakwa menjadi perantara untuk memfasilitasi operasi penambangan ilegal perusahaan swasta Refined Bangka Tin (RBT) di wilayah pertambangan milik perusahaan penambang timah milik negara, Timah.

Kejaksaan Agung telah menetapkan setidaknya 16 tersangka setelah pemeriksaan terhadap hampir 150 saksi terkait skandal suap.

Mayoritas tersangka adalah eksekutif perusahaan pertambangan swasta, termasuk RBT. Selain itu, mantan Dirut Timah yang berinisial MRPT dan tiga eksekutif perusahaan negara lainnya juga menjadi tersangka.

Menonjolnya Harvey dalam daftar tersangka diperkuat oleh pernikahannya dengan aktris Sandra Dewi dan gaya hidup mewah pasangan tersebut.

Tahun lalu, Sandra membagikan postingan Instagram yang menampilkan video yang menampilkan mobil Rolls Royce yang dihadiahkan Harvey kepadanya untuk ulang tahunnya yang ke-40. Ia juga kerap membagikan foto interior jet pribadi pasangan tersebut.

Harvey menjabat sebagai komisaris utama perusahaan pertambangan batu bara Multi Harapan Utama di Kalimantan Timur dan memegang saham di banyak perusahaan, terutama di sektor pertambangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *